Pages

Saturday, April 14, 2012

RPP Matematika Berkarakter untuk SD/MI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BERKARAKTER SESUAI STANDAR PROSES PENDIDIKAN
                                             NO: 1.1/ MATEMATIKA/MI –QUBA’/II/I/2011

Sekolah                       : MI  Quba'               
Mata  Pelajaran         : Matematika
                             Kelas / Semester        : II  / satu
                             Alokasi Waktu           :     x 35 menit (    x pertemuan)

A.Standar Kompetensi:
1.Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500.
Kompetensi Dasar:
1.1    Membandingkan Bilangan Sampai 500
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi :   (Pengembangan KD dalam indicator harus sesuai dengan silabus dan hasil Pemetaan KD)Pengembangan KD dalam Indikator mengacu pada Rumus A-B-C-D ( Audien,Behavior,Condition dan Degree )
1.1.1        Siswa dapat mengenal bilangan 100-500  secara benar dan teliti  (C )
1.1.2        Siswa  dapat membaca dan menulis lambang bilangan sampai 500  secara benar dan teliti  (C )
1.1.3        Siswa dapat membandingkan bilangan  secara benar dan teliti  (C )
1.1.4        Siswa dapat mendemonstrasikan bilangan dan lambang bilangan dengan  index card math dengan benar dan semangat(P1 )
1.1.5        Siswa dapat meminati pembelajaran  bilangan  dengan menyenangkan(A1)
1.1.6        Siswa tumbuh rasa percaya diri dan lebih aktif, antusias dalam mengikuti pelajaran dengan baik, disiplin, dan tertib (A1)
D.    Tujuan Pembelajaran :

Tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran (        menit ) ini adalah :
Melalui strategi pembelajaran aktif index card match siswa mampu   membandingkan bilangan sampai 500. Dari penerapan strategi aktif ini  siswa lebih menikmati pembelajaran, tumbuh minat belajar  dan makin percaya diri  ( Learning to know, learning to do, learning to be, learning to live together).


E.     Materi Pembelajaran                              :  membandingkan bilangan sampai 500

F.      KKM                                                        : 60  ( setelah menimbang Intake siswa, kompleksitas materi dari indikator dan daya dukung yg ada).
G.    Pengelolaan Pembelajaran
1. Media                                                    :  kartu soal bilangan.
      2. Pendekatan                                           :  CTL, PAIKEM dan E E K ( sudah sesuai dengan Acuan         
                                                                           Permendiknas No 41 )
3. Model Pembelajaran                               : Cooperatif  Learning ( CL ), dipilih karena outcomes pada penguasaan konsep akademik dan ketrampilan social yang akan dikembangkan,
4. Strategi Pembelajaran aktif                    :  index card match
5. Metode pembelajaran                            : 1. Ceramah                2.   Presentasi
                                                                    3. Demonstrasi          4.   Tanya Jawab
                                                                    5. Penugasan             6.   Diskusi kelompok.
H. Langkah – Langkah Pembelajaran : Pertemuan ke 1                       Hari:                                Tanggal                 201
SINTAKS
KEGIATAN GURU
KEGIATAN SISWA
WKT
METODE
Fase. 1
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
Kegiatan Awal/ Pendahuluan (Set Induction ) Pembiasaan
-   Berdoa (contoh nilai yang ditanamkan: taqwa)
-   Mengecek kehadiran siswa (contoh nilai yang ditanamkan: disiplin).
-   Menanyakan kabar siswa – dengan fokus pada mereka yang tidak datang dan/atau yang pada pertemuan sebelumnya tidak datang (contoh nilai yang ditanamkan: peduli, empati).
Appersepsi :
-magical opening
- guru membeberkan gambar kodok  lompat teratai...(siswa membantu kodok untuk menyeberang.
Pemotivasian
Anak – anak, hari ini ibu guru akan menjelaskan tentang alat ukur waktu dengan satuan jam. Dengan mempelajari alat ukur waktu satuan jam kalian bisa mengenal , menulis, dan membaca bilangan jam.
Penyampaian Tujuan :
Kalian dapat menulis, membaca jam dan mempraktekkannya dlam kehidupan sehari-hari.
Prasyarat pengetahuan :
Siswa harus mengetahui konsep perhitungan bilangan


Guru bersama siswa mengucapkan basmalah untuk memulai pelajaran  agar ilmu yang dipelajari membawa manfaat.









Siswa tertarik untuk memperhatikan dan rileks.













Siswa mendengarkan dan tumbuh minat belajar


      menit



Ceramah dan tanya jawab





Ceramah
 dan tanya jawab.




Ceramah dan tanya jawab


Fase 2
Menyajikan informasi
Kegiatan inti :
Pada kegiatan eksplorasi ini guru bisa menjelaskan  alat ukur jam dengan media jam analog dan jam digital.

Mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan aktif  terlibat dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dituliskan guru di papan tulis. Guru mengarahkan.  Siswa  memperhatikan dan mengerjakan ke depan  (Eksplorasi).


     menit


Ceramah, tanya jawab.


Fase 3
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar.
Untuk memahami lebih jauh tentang pembulatan. Ibu guru memberikan siswa  kartu-kartu yang berisi bilangan jam dan gambar jam.
 Guru meminta siswa untuk mencari  temannya di ruang kelas  dan menemukan orang yang memiliki  kartu dengan jawaban yang sama.
Guru  membiarkan peserta didik dengan kartu kategorinya yang sama menyajikan  sendiri kepada siswa lain.
Guru membuat beberapa point mengajar yang  dirasa penting.
siswa diminta meneliti kartu yang mereka dapatkan, mencari  temannya di ruang kelas  dan menemukan orang yang memiliki  kartu dengan kategori yang sama. (eksplorasi)
Demonstrasi dengan benda sekitar, tanya jawab dan diskusi.



Fase 4
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
Guru membimbing, mengarahkan, sehingga tercipta masyarakat belajar (Learning Community)  yang kondusif.  Pada saat siswa berdiskusi antar kelompok, Guru mengamati aktivitas siswa (Variabel penelitian) dan guru melakukan penilaian aktivitas, minat belajar    (Authentic Assessment).



 Selesai presentasi. Guru memberikan penguatan, mengarahkan dan membimbing siswa dalam penanaman nilai-nilai. Pembentukan sikap, perilaku,  keimanan (Characterizing)
anak-anak setelah kalian mempelajari tentang jam kalian tahu waktu  ada suatu hadits yang menjelaskan tentang pentingnya waktu, waktu itu ibarat pedang, dia tidak akan pernah datang lagi, maka dari itu kita harus sebaik-baik mungkin memafaatkan waktu kita.
Siswa menyajikan sendiri kartu kategorinya yang sama kepada  siswa lain.saling bertanya jawab,  saling memberikan umpan balik antara teman, berlatih ketrampilan social, debat secara santun, saling menghargai pendapat temannya, bekerja sama. (Elaborasi).


Antar siswa saling mengomentari, mengoreksi, memberikan umpan balik dan mendapat penguatan dari guru ( Konfirmasi )


 Siswa diberikan tugas membuat kartu soal yang berisi soal pembulatan dan kartu jawaban. Masing-masing siswa satu pasang kartu.
Contoh nilai-nilai karakter yang dapat ditanamkan melalui kegiatan-kegiatan di atas: kerjasama, tanggung jawab, saling menghargai pendapat, percaya diri, keadilan).

Diskusi kelompok, presentasi dan tanya jawab.



Fase 5
Evaluasi
Kegiatan Penutup :
Guru mengevaluasi hasil presentasi dan hasil diskusi kelompok, memberikan umpan balik dan penguatan, membantu menyusun kesimpulan. Pembentukan nilai-nilai/ karakter : Ketekunan, tanggung jawab, kejujuran

,Refleksi :
Guru menanyakan, bagaimana perasaanmu belajar pada hari ini dengan metode card sort?
anak – anak..., senang? Apa saja yang sudah kalian pelajari hari ini ?
Penugasan (pengayaan)
Untuk PR di rumah, silahkan membuat jam dinding dari kertas karton .

Siswa memperhatikan dan mencatat masukan dan saran dari bapak/ibu guru. Mencatat hal –hal penting tentang  tugas-tugas yang diberikan guru.
 Melalui Refleksi siswa dapat memberikan saran dan masukan tentang pembelajaran hari itu.  

     menit

Penugasan, ceramah, tanya jawab.







Fase  6
Memberi penghargaan
Guru memberikan penghargaan pembelajaran, kadang berupa pujian sebagai Reward.
Siswa menerima penghargaan dari guru  berupa penghapus pensil  dan bertepuk tangan dan mengucapkan hamdalah.


 Pertemuan ke 2                                                                      Hari:                               Tanggal                201
SINTAKS
KEGIATAN GURU
KEGIATAN SISWA
WKT
METODE
Fase. 1
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
Kegiatan Awal/ Pendahuluan (Set Induction ) Pembiasaan
-   Berdoa (contoh nilai yang ditanamkan: taqwa)
-   Mengecek kehadiran siswa (contoh nilai yang ditanamkan: disiplin).
-   Menanyakan kabar siswa – dengan fokus pada mereka yang tidak datang dan/atau yang pada pertemuan sebelumnya tidak datang (contoh nilai yang ditanamkan: peduli, empati).
Appersepsi :
-magical opening
- guru membeberkan gambar kodok  lompat teratai...
Pemotivasian
Anak – anak, hari ini ibu guru akan menjelaskan tentang alat ukur waktu dengan satuan jam. Dengan mempelajari alat ukur waktu satuan jam kalian bisa mengenal , menulis, dan membaca bilangan jam.
Penyampaian Tujuan :
Kalian dapat menulis, membaca jam dan mempraktekkannya dlam kehidupan sehari-hari.
Prasyarat pengetahuan :
Siswa harus mengetahui konsep perhitungan bilangan


Guru bersama siswa mengucapkan basmalah untuk memulai pelajaran  agar ilmu yang dipelajari membawa manfaat.









Siswa tertarik untuk memperhatikan dan rileks.













Siswa mendengarkan dan tumbuh minat belajar


      menit



Ceramah dan tanya jawab





Ceramah
 dan tanya jawab.




Ceramah dan tanya jawab


Fase 2
Menyajikan informasi
Kegiatan inti :
Pada kegiatan eksplorasi ini guru bisa menjelaskan  penulisan tanda waktu

Mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan aktif  terlibat dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dituliskan guru di papan tulis. Guru mengarahkan.  Siswa  memperhatikan dan mengerjakan ke depan  (Eksplorasi).


     menit


Ceramah, tanya jawab.


Fase 3
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar.
Untuk memahami lebih jauh tentang pembulatan. Ibu guru memberikan siswa  kartu-kartu yang berisi bilangan jam dan gambar jam.
 Guru meminta siswa untuk mencari  temannya di ruang kelas  dan menemukan orang yang memiliki  kartu dengan jawaban yang sama.
Guru  membiarkan peserta didik dengan kartu kategorinya yang sama menyajikan  sendiri kepada siswa lain.
Guru membuat beberapa point mengajar yang  dirasa penting.
siswa diminta meneliti kartu yang mereka dapatkan, mencari  temannya di ruang kelas  dan menemukan orang yang memiliki  kartu dengan kategori yang sama. (eksplorasi)
Demonstrasi dengan benda sekitar, tanya jawab dan diskusi.



Fase 4
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
Guru membimbing, mengarahkan, sehingga tercipta masyarakat belajar (Learning Community)  yang kondusif.  Pada saat siswa berdiskusi antar kelompok, Guru mengamati aktivitas siswa (Variabel penelitian) dan guru melakukan penilaian aktivitas, minat belajar    (Authentic Assessment).



 Selesai presentasi. Guru memberikan penguatan, mengarahkan dan membimbing siswa dalam penanaman nilai-nilai. Pembentukan sikap, perilaku,  keimanan (Characterizing)
anak-anak setelah kalian mempelajari tentang jam kalian tahu waktu  ada suatu hadits yang menjelaskan tentang pentingnya waktu, waktu itu ibarat pedang, dia tidak akan pernah datang lagi, maka dari itu kita harus sebaik-baik mungkin memafaatkan waktu kita.
Siswa menyajikan sendiri kartu kategorinya yang sama kepada  siswa lain.saling bertanya jawab,  saling memberikan umpan balik antara teman, berlatih ketrampilan social, debat secara santun, saling menghargai pendapat temannya, bekerja sama. (Elaborasi).


Antar siswa saling mengomentari, mengoreksi, memberikan umpan balik dan mendapat penguatan dari guru ( Konfirmasi )


 Siswa diberikan tugas membuat kartu soal yang berisi soal pembulatan dan kartu jawaban. Masing-masing siswa satu pasang kartu.
Contoh nilai-nilai karakter yang dapat ditanamkan melalui kegiatan-kegiatan di atas: kerjasama, tanggung jawab, saling menghargai pendapat, percaya diri, keadilan).

Diskusi kelompok, presentasi dan tanya jawab.



Fase 5
Evaluasi
Kegiatan Penutup :
Guru mengevaluasi hasil presentasi dan hasil diskusi kelompok, memberikan umpan balik dan penguatan, membantu menyusun kesimpulan. Pembentukan nilai-nilai/ karakter : Ketekunan, tanggung jawab, kejujuran

,Refleksi :
Guru menanyakan, bagaimana perasaanmu belajar pada hari ini dengan metode card sort?
anak – anak..., senang? Apa saja yang sudah kalian pelajari hari ini ?
Penugasan (pengayaan)
Untuk PR di rumah, silahkan membuat jam dinding dari kertas karton .

Siswa memperhatikan dan mencatat masukan dan saran dari bapak/ibu guru. Mencatat hal –hal penting tentang  tugas-tugas yang diberikan guru.
 Melalui Refleksi siswa dapat memberikan saran dan masukan tentang pembelajaran hari itu.  

     menit

Penugasan, ceramah, tanya jawab.







Fase  6
Memberi penghargaan
Guru memberikan penghargaan pembelajaran, kadang berupa pujian sebagai Reward.
Siswa menerima penghargaan dari guru  berupa penghapus pensil  dan bertepuk tangan dan mengucapkan hamdalah.


Pertemuan ke 3
SINTAKS
KEGIATAN GURU
KEGIATAN SISWA
WKT
METODE
Fase. 1
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
Kegiatan Awal/ Pendahuluan (Set Induction ) Pembiasaan
-   Berdoa (contoh nilai yang ditanamkan: taqwa)
-   Mengecek kehadiran siswa (contoh nilai yang ditanamkan: disiplin).
-   Menanyakan kabar siswa – dengan fokus pada mereka yang tidak datang dan/atau yang pada pertemuan sebelumnya tidak datang (contoh nilai yang ditanamkan: peduli, empati).
Appersepsi :
-magical opening
- guru membeberkan gambar kodok  lompat teratai...
Pemotivasian
Anak – anak, hari ini ibu guru akan menjelaskan tentang lama waktu. Dengan mempelajari alat ukur waktu satuan jam kalian bisa mengenal , menulis, dan membaca bilangan jam.
Penyampaian Tujuan :
Kalian dapat menulis, membaca jam dan mempraktekkannya dlam kehidupan sehari-hari.
Prasyarat pengetahuan :
Siswa harus mengetahui konsep perhitungan bilangan


Guru bersama siswa mengucapkan basmalah untuk memulai pelajaran  agar ilmu yang dipelajari membawa manfaat.









Siswa tertarik untuk memperhatikan dan rileks.













Siswa mendengarkan dan tumbuh minat belajar


      menit



Ceramah dan tanya jawab





Ceramah
 dan tanya jawab.




Ceramah dan tanya jawab


Fase 2
Menyajikan informasi
Kegiatan inti :
Pada kegiatan eksplorasi ini guru bisa menjelaskan  lama waktu

Mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan aktif  terlibat dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dituliskan guru di papan tulis. Guru mengarahkan.  Siswa  memperhatikan dan mengerjakan ke depan  (Eksplorasi).


     menit


Ceramah, tanya jawab.


Fase 3
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar.
Untuk memahami lebih jauh tentang lama suatu kejadian jika diukur dengan jam. Ibu guru memberikan siswa  kartu-kartu yang berisi bilangan jam dan gambar jam.
 Guru meminta siswa untuk mencari  temannya di ruang kelas  dan menemukan orang yang memiliki  kartu dengan jawaban yang sama.
Guru  membiarkan peserta didik dengan kartu kategorinya yang sama menyajikan  sendiri kepada siswa lain.
Guru membuat beberapa point mengajar yang  dirasa penting.
siswa diminta meneliti kartu yang mereka dapatkan, mencari  temannya di ruang kelas  dan menemukan orang yang memiliki  kartu dengan kategori yang sama. (eksplorasi)
Demonstrasi dengan benda sekitar, tanya jawab dan diskusi.



Fase 4
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
Guru membimbing, mengarahkan, sehingga tercipta masyarakat belajar (Learning Community)  yang kondusif.  Pada saat siswa berdiskusi antar kelompok, Guru mengamati aktivitas siswa (Variabel penelitian) dan guru melakukan penilaian aktivitas, minat belajar    (Authentic Assessment).



 Selesai presentasi. Guru memberikan penguatan, mengarahkan dan membimbing siswa dalam penanaman nilai-nilai. Pembentukan sikap, perilaku,  keimanan (Characterizing)
anak-anak setelah kalian mempelajari tentang jam kalian tahu waktu  ada suatu hadits yang menjelaskan tentang pentingnya waktu, waktu itu ibarat pedang, dia tidak akan pernah datang lagi, maka dari itu kita harus sebaik-baik mungkin memafaatkan waktu kita.
Siswa menyajikan sendiri kartu kategorinya yang sama kepada  siswa lain.saling bertanya jawab,  saling memberikan umpan balik antara teman, berlatih ketrampilan social, debat secara santun, saling menghargai pendapat temannya, bekerja sama. (Elaborasi).


Antar siswa saling mengomentari, mengoreksi, memberikan umpan balik dan mendapat penguatan dari guru ( Konfirmasi )


 Siswa diberikan tugas membuat kartu soal yang berisi soal pembulatan dan kartu jawaban. Masing-masing siswa satu pasang kartu.
Contoh nilai-nilai karakter yang dapat ditanamkan melalui kegiatan-kegiatan di atas: kerjasama, tanggung jawab, saling menghargai pendapat, percaya diri, keadilan).

Diskusi kelompok, presentasi dan tanya jawab.



Fase 5
Evaluasi
Kegiatan Penutup :
Guru mengevaluasi hasil presentasi dan hasil diskusi kelompok, memberikan umpan balik dan penguatan, membantu menyusun kesimpulan. Pembentukan nilai-nilai/ karakter : Ketekunan, tanggung jawab, kejujuran

,Refleksi :
Guru menanyakan, bagaimana perasaanmu belajar pada hari ini dengan metode card sort?
anak – anak..., senang? Apa saja yang sudah kalian pelajari hari ini ?
Penugasan (pengayaan)
Untuk PR di rumah, silahkan membuat jam dinding dari kertas karton .

Siswa memperhatikan dan mencatat masukan dan saran dari bapak/ibu guru. Mencatat hal –hal penting tentang  tugas-tugas yang diberikan guru.
 Melalui Refleksi siswa dapat memberikan saran dan masukan tentang pembelajaran hari itu.  

     menit

Penugasan, ceramah, tanya jawab.







Fase  6
Memberi penghargaan
Guru memberikan penghargaan pembelajaran, kadang berupa pujian sebagai Reward.
Siswa menerima penghargaan dari guru  berupa penghapus pensil  dan bertepuk tangan dan mengucapkan hamdalah.

I.   Sumber dan Media Pembelajaran :
a.       Buku pelajaran matematika kelas II: mustoha amin, 2008. Pusat Perbukuan, 2008.
b.      Buku Ringkasan Matematika untuk kelas II MI Quba, Nur Widayanti, 2011
c.       LKS (Lembar Kerja Siswa) No : 2.1/MTK/MI Quba’/II/I/2011
d.      Bahan Ajar/ Makalah Strategi Pembelajaran Aktif, Bambang Rudianto, 2010
e.       Bahan Ajar Pendidikan Karakter di Era Global, Bambang Rudianto, 2011
f.       Bahan ajar  lks Fokus,2010 dan 2011
g.      Smart teaching 5 metode efektif lejitkan prestasi anak didik, Agung Webe, JB Publisher,2010
h.      Puzzle & Teka-teki paling seru untuk anak pintar, Sabrina, Image, 2008

J.  Penilaian :
a.       Tes                   :  ESSAY,  butir soal terlampir
b.      Non tes            : Penilaian minat belajar (afektif), aktivitas siswa  dan penilaian keterampilan presentasi (psikomotor) (terlampir)


                                                                                                 Denpasar,

                            
Mengetahui,
Kepala MI  Quba'                                                                                 Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                                               



(Nina Gusnawati, S.Pd.I)                                                                 (Nur Widayanti, S.Pd)                                                           

No comments:

Post a Comment