Pages

Tuesday, June 5, 2012

proposal penelitian matematika




METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN


  NAMA : NUR WIDAYANTI















KATA PENGANTAR


Bismillahirrohmannirrohim

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Puji syukur Alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas rahmat ,hidayah

dan taufiq-Nya  proposal ini dapat kami susun

Dalam proposal ini kami meneliti tentang metode PEER LESSON (

Pelajaran teman sebaya)untuk mencapai prestasi nilai matematika yang  maksimal,kami

berharap dapat melakukan pemnelitian untuk mencari jawaban dari permasalahan yang kami

angkat

Semoga penelitian ini nantinya dapat menjadi refererensi bagi peneliti lain dan bagi calon guru

yang lainuntuk dapatmengemban tugas dan tanggung jawab sebagai seorang guru

Dan kami mengucapkan terima kasih kepada pihak pihak yag terkait dengan penyusunan

proposal ini tiada yang dapat kami beikan selain doa semoga di balas kebaikannya oleh yang

di atas

Kemudian kritik dan saran sangat kami harapkan demi perbaikan dan kebaikan proposal ini

Atas kritik dan sarannya kami ucapkan terimakasih

Wallahulmuwafiq ila aqwamitthorieq

Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarakatuh


                                                                          Denpasar,14 Agustus 2009



                                                                                       Penulis



                                                     -Motto-
                  TIADA ISTILAH TERLAMBAT UNTUK BELAJAR




BAB  I                   P   E   N   D   A   H   U   L   U   A   N



Latar Belakang Masalah

Berdasarkan observasi lapangan tentang kurangnya pemahaman siswa dalam suatu prosees

pembelajaran matematika yang tentu saja mempengaruhi prestasi nilai belajar matematika.

Pada saat guru menjelaskan suatu materi ada beberapa siswa yang tidak  atau kurang faham

 terhadap materi yang di sampaikan entah karena pengaruh letak tempat duduk atau karena

tidak konsentrasi saat diberi penjelasan materi.

Mungkun juga dari guru yang kurang jelas dalam penyampaian materi 

Dalam hal ini peneliti hanya akan meneliti tentang pengaruh penerapan peer lesson terhadap

prestasi belajar siswa berkaitan dengan pemahaman materi.

Dengan metodde ini siswa dapat lebih mudah memahami pelajaran khususnya siswa yanng

berdaya tangkap rendah atau kurang dan dengan pemahaman yang lebih diharapkan siswa

dapat meraih prestasi pelajaran matematika yang optimal

oleh karena itu peneliti  bermaksud akan mengadakan penelitian terhadap pengaruh penerapan

 peer lesson terhadap prestasi belajar matematika (penelitian eksperimenpada siswa kelas

 III MI Quba’ Tahun Pelajaran 2009-2010

Rumusan masalah

Peneliti pada dasarnya ingin meneliti tentng adanya pengaruh penarapan peer lesson terhadap

prestasi pelajaran matematika terutama berkaitan dengan pemahaman siswa akan materi

pelajaran yang disampaikan pada siswa kelas III MI Quba Denpasar Tahun Pelajaran 2009-

2010

Penelitian dianggap penting bagi usaha memahamkan siswa akan materi dan mencapai


prestasi yang optimal .


Selanjutnya pokok permasalahan diatas lebih lanjut akan diperinci dalam beberapa indikator


permasalahan ,yaitu sebagai berikut.


1.Bagaimana pemahaman siswa terhadap materi yang di ajarkan guru?


2.Bagaimana pemahaman siswa terhadap materi yang di ajarkan teman sebaya?


3.Bagaimana nilai siswa yang hanya materi oleh guru?


4.bagaimana nilai siswa yang diajarkan oleh teman sebaya?

TINJAUAN PUSTAKA

Fenomena penbelajaran anak

Kemajuan perkembangan dunia pendidikan dewasa ini mengalami perkembangan yang sangat

pesat hal ini tentu saja berimplikasi yang sangat serius berupa kehancuran ekosistem ,baik

lingkungan alam maupun sosial

Melihat kenyataan ini dunia pendidikan harus memberi  perhatian lebih pada aspek kultural

dan ekologi bukan berfokus pada pengajaran kongret dan pelatihan ketrampilan saja

,bagaimana mengatasi  krisis kemanusiaan  dan krisis makna hidup.

Banyaknya metode-metode pengajaran sekaranng ini yang lebih menekankan kepada

keaktifan siswa dan siswa bukan hanya sebagai objek .melainkan juga subjek

Banyaknya metode-metode pembelajaran saat ini semoga bisa memberi penguiatan

pendidikan manusiawi agar pendidikan berhasil optimal

Untuk itulah penulis bermaksud meneliti tentang salah satu metode pembelajaran siswa aktif
yaitu dengan metode peer lesson yaitu sebuah srtategi yang mengembangkan peer teaching di
ddalam kelas yang menempatkan seluruh tanggung jawab untuk mengajar para peserta didik

sebagai anggota kelas.

Pada dasarnya proses pembelajaran anak dimana anak berada dalam suatu kelas dan diminta

mendengarkan penjelasan guru  terkadang membuat anak kurang merespon karena

kemungkinan tempat duduk anak berada di situasi yang tidak srategis 

 Saat proses pembelajaran siswa kurang memahami penjelasan guru karena memang

kemampuan siswa yang kurang ,dikarenakan dia tidak bisa hanya diberi penjelasan dari guru

tetapi dengan di ulang dari pejelasan teman sebaya siswa akan lebih nyaman lebih rileks dan

 lebih bisa memahami pelajaran yang di ajarkan guru .

Pembelajaran ini membuat siswa mengerti cara presentasi atau mengajarkan materi kepada

 siswa lain dan juga menjadi penggayaan bagi peserta didik itu sendiri dan memberi

pemahaman kepada siswa yang di ajar

Peserta didik yang ditunjuk sebagai tutor mengajar dalam kelompok –kelopok kecil  secara pribadi.


TUJUAN PENELITIAN


Peneliti ini pada dasarnya bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai pengaruh

penerapan peer lesson terhadap prestasi belajar matematika

Secara lebih rinci tujuan penelitian ini  adalah:

1.Memperoleh gambaran mengenai pemahaman siswa terhadap materi yang di ajarkan guru?

2Memperoleh gambaran terhadap pemahaman siswa tehadap materi yang diajarkan teman

  sebaya

3.Memperoleh gambaran terhadap nilai siswa yang hanya mendapat penjelasan materi oleh

   guru


4.memperoleh gambaran nilai siswa yang mendapat tutor dari teman sebaya


KONTRIBUSI /KEGUNAAN PENELITIAN

Secara teori ,hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna untuk memperkaya perbendaharaan

pengeahuan tentang metode pembeljaran untuk menngkatakan kemajuan dunia

pendidikan

Secara paktis ,penelitian ini diharapkan dapat nergunma bagi masyarakat dan bagi para guru

serta juga untuk peserta didik


METODOLOGI PENDIDIKAN


1.Pemilihan Lokasi

Lokasi yang di pilih untuk penelitian ini adalah   Kodya Denpasar kecamatanDenpasar Barat

Dengan objek penelitian siswa kelas III MI Quba’ Denpasar

2.Penentuan responden

Penetuan responden dilakukan dengan metode sampel terbatas  yaitu jumlah seluruh populasi

yaitu seluruh siswa kelas tiga sebanyak 40 siswa

3.teknik pengumpulan data

Teknik pengumpulan data yang dipergunakan  dalam penelitian ini adah sebagai berikut.

(1)   Teknik observasi langsung ,peneliti berad secara langsung di pad proses kbm dan

      secara langsung melakukan pengamatan kepada proses  kbm

(2)   Teknik komunikasi, peneliti melakukan teknik komunikasi tidak langsung yaitu

(3)   peneliti membagikan angket

(4)   Metode tes,peneliti memberikan bentuk tes uraian diujikan sebelum metode peer

(5)   lesson di tarapkan dan setelah tes peerlesson diterapkan

4.Teknik analisis data

Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis dengan teknik kuantitatif dengan kerangka

berfikir deduktif-logis dan sistematis.adapun cara atau prosedurkerja analisis data secara

terperinci dapat diuraikan sebagai berikut

1Identifikasi dan kategori hasil observasi dan angket dan tes  pada langklah ini sekaligus

  mengadakan pengkoddean data untuk masing-masing kategori

            *digit pertama digunakan untuk menunjukkan nomor urut masalah sebagimana urutan

             Rumusan masalah

*digit kedua tanda penghubung

*digit ketiga tanda o(obsewrvasi) atau k(komunikasi) atau t(tes) untuk menunjukkan

  Teknik yang digunakan untuk mendapatkan data

*digit keempat digunakan angka untuk menunjukkn nomor urut data untuk masing-

masing  Masalah penelitian

             Contoh

             1-o1  :data rumusan masalah pertama,data nomor urut 1 hasil observasi

2.Komparasi integratif antarinformasi pada masing-masing permasalahan dan antar sumber

   Informasi











Jadwal Penelitian

No
Jenis kegiatan
Bln
8/09
Bln
9/09
Bln
10/09
1.
Persiapan





-observasi awal
xxx



-Penyusunan  proporsal
xxx



-Perizinan
xxx



-Penyusunan  instrumen
xxxx


2
-.pelaksanaan





-Pengumpulan data dengan
  observasi

xxx


-Pengumpulan data dengan
  angket

xxx


-Pengumpulan data dengan tes

xxx


-Analisis data


xxxx

3
.-penyusunan laporan





-Penyusunan draf kasar
  laporan


xxxx

-Review dan finansial laporan


xxxx

-Seminar dan revisi


 xxxx                                                                 

-penggan daan serta 
  pengiriman


 xxxx                                                                 


Personalia penelitian


Ketua peneliti

a.Nama lengkap                        :Nur Widayanti

b.Nim                                        :2006.VI.0395

c.Fakultas/jurusan                     :FP-MIPA/ Pendidikan Matematika

d.perguruan tinggi                     :IKIP PGRI Bali

e.Bidang keahlian                      :Pendidikan Matematika

f.Waktu untuk penelitian           :3 bulan

Perkiraan Biaya Penelitian

Dana peneliti bersumber dari dana pribadi sebesar Rp 1.600.000,-   Dengan rincian sebagai

berikut:

a.Persiapan

   1.Observasi Awal                                               =Rp      50.000,-

   2.Studi Pustaka                                                   =Rp    300.000,-

   3.Penyusunan Proposal                                       =RP      25.000,-

   4.Seminar Proposal                                             =Rp      25.000,-

   5.Pengurusan Surat izin                                      = Rp      75.000,-

                                                                                 --------------------------+
                                                                                 Rp     475.000,-

b.Pelaksanaan

   1.Bahan dan Peeralatan

    (a)kertas                                                              = Rp     50.000,-
 
    (b)pembuatan angket                                           =Rp     40.000,-

    (c)flashdisk                                                          =Rp    150.000,-

    (d)Tinta Printer                                                    =RP    120.000,-

    (e)Blok note                                                         =Rp      30.000,-

                                                                                 ----------------------------+

                                                                                  Rp     320.000

c.Pengumpulan dan analisis data

   (1)Transportasi lokal                                             =RP   100.000,-

   (2)konsumsi                                                          =Rp    100.000,-

   (3)Analisis data                                                     =RP   250.000,-

                                                                                  ------------------------------+
                                                                                    Rp     450.000,-
d.Penyusunan Laporan

   (1)Penyusunan Draf Laporan                                 =Rp      50.000,-

   (2)Seminar Hasil                                                     =Rp      50.000,-

   (3)Penyempurnaan laporan                                    =Rp       75.000,-

   (4)Penggandaan Laporan                                        =Rp     100.000,-

                                                                                   ------------------------------
                                                                                    RP        275.000


TOTAL PERKIRAAN BIAYA PENELITIAN RP 1.600.000,























Lampiran I

                                        KEPUSTAKAAN



Zuriah,Nurul.2005.metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan teoti-aplikasi.Malang:Bumi 
 
             Aksara.




Silberman,Mel.2005.Hidayat, Komaruddin. Pengantar2005.Active Learning 101 Strategi    

              Pembelajaran Aktif.Yogyakarta:Insan Madani





Riduan,Drs.,M.B.A.,Prof.DR.Akdon,M>Pd.rumus Dan data dalam Aplikasi Stistikka untuk –

               penelitian(Administrsipendidikan-Bisnis-Pemerintahan-Sosial-kebijkan-Ekonomi-

               Hukum   Manajemen-Kesehatan).Pengantar Prof,H. Bambang

               Suwarno,M.A.,Ph.D.2008 Bandung:Alfabeta



Suka Widana,I Nengah.Hand Out mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan

               Matematika,2007.Denpasar.












No comments:

Post a Comment